Kick Off Serambi 2023, Begini Cara Tukar Uang Baru untuk Lebaran Idul Fitri 1444 H

SW25
0
Kepala KPw BI Sibolga Yuliansah Andrias (kanan) bersama Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan saat memberi keterangan terkait program SERAMBI 2023 di Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga

Kota Sibolga - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sibolga, resmi meluncurkan program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) tahun 2023, pada Selasa (28/3/2023), di Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga.

Kick off program Serambi tersebut dilakukan bersama-sama oleh Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan dan Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias yang ditandai dengan pelepasan armada kas keliling penukaran rupiah ke sejumlah titik di Kota Sibolga.

Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias mengatakan program Serambi tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Ramadhan dan menjelang lebaran Idul Fitri.

Program Serambi 2023 sendiri bertujuan untuk melayani penukaran uang pecahan kecil (UPK) untuk kebutuhan Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Program tersebut juga dimaksudkan untuk memberikan layanan kas kepada perbankan dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan uang kertas dan logam (uang Kartal) selama Ramadhan.

Untuk wilayah kerjanya, KPw Bank Indonesia Sibolga telah menyediakan layanan penukaran uang di 83 titik yang tersebar di 16 Kabupaten dan Kota. Dan untuk Kota Sibolga sendiri disediakan 10 titik pelayanan yang dipuastkan di Pelataran Parkir Masjid Agung Sibolga, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga. 

Layanan ini akan dibuka sejak tanggal 28-31 Maret 2023, mulai pukul 09.00 - 15.00 WIB.

Guna memenuhi kebutuhan atas uang pecahan kecil dan atau uang rupiah baru menjelang Idul Fitri 1444 H, Bank Indonesia Sibolga telah menyiapkan uang tunai senilai Rp1,9 triliun, dimana Rp26 milyar diantaranya disiapkan untuk warga Kota Sibolga.

"Sesuai dengan estimasi kita dan data yang kita punya tahun lalu, terkait peningkatan perkiraannya tahun ini, kita bersama bank itu menyiapkan uang rupiah totalnya 1,9 triliun, dengan berbagai denominasi pecahan," kata Yuliansah.

Selain penukaran uang, Program Serambi 2023 juga dimanfaatkan oleh pihaknya untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada warga terkait ciri-ciri keaslian uang rupiah. Hal ini untuk menghindari beredarnya uang palsu ditengah-tengah masyarakat yang dimanfaatkan oleh sejumlah oknum.

Yuliansah pun mengimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang ditempat-tempat resmi dan mempergunakan uangnya secara bijak dengan  berbelanja berdasarkan kebutuhan bukan keinginan.

"Kami imbau masyarakat agar menggunakan rupiah untuk belanja sesuai kebutuhan dan bukan didasari oleh keinginan. Lakukan penukaran uang ditempat-tempat resmi," imbaunya.

Khusus untuk penukaran uang melalui Bank Indonesia, warga dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR BI. Berikut tata cara menukarkan uang rupiah melalui aplikasi tersebut :

  1. Kunjungi link penukaran uang baru buat lebaran 2023 di http://pintar.bi.go.id
  2. Selanjutnya, pilih menu "Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling" yang berada di halaman awal situs.
  3. Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru pada mobil kas keliling yang diinginkan.
  4. Akan muncul daftar lokasi dan tanggal yang tersedia.
  5. Pilih lokasi dan tanggal penukaran uang sesuai kebutuhan.
  6. Isi data pemesanan, yang meliputi NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon dan alamat email.
  7. Isi jumlah lembar atau keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, dan akan diberi bukti pemesanan.
  8. Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas kas keliling saat melakukan penukaran uang buat lebaran 2023, sesuai dengan lokasi dan waktu yang dipilih.
Untuk diketahui, untuk satu kali penukaran, BI Sibolga menyediakan paket uang pecahan dengan denominasi yang berbeda senilai Rp3.800.000 perorangnya. dengan pecahan rupiah mulai dari pecahan 1000 sampai dengan 20.000.-SW25-
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)