Ibu - Ibu PKK Desa Banua Sibohou II Ikuti Pelatihan Pengolahan Produk Perikanan

Redaksi
0

Nias Utara | Untuk menambah keterampilan dan pengetahuan, ibu-ibu anggota PKK Desa Banua Sibohou II Kecamatan Alasa mengikuti Pelatihan Pengolahan dan Pengemasan Produk Perikanan khususnya untuk komoditas produk ikan lele, Kamis (03/08/2023).

Dalam pelatihan tersebut ikan lele diolah menjadi lele asap, lele bumbu kuning dan abon ikan lele.

Abadiel Zalukhu selaku pelaku ukm koperasi nelayan putra  pantai utara menyampaikan cara teknis pengasapan ikan yang baik mulai dari proses  membelah ikan sampai proses pengasapan yang membutuhkan waktu 6 - 8 jam.

"Hasil pengasapan yang optimal dan baik akan menghasilkan warna yang menarik dan kuning keemasan. Dengan ini akan memiliki nilai jual yang baik," jelas Abadiel.

Sementara itu, Kasi Nelayan & Pengelolaan Sumber Daya Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara Harapan Harefa menyampaikan agar harga jual ikan lele semakin baik maka di lakukan  proses pengemasan yang baik dengan desain dan kemasan yang menarik. 

Di sampaikannya, dengan kemasan yang baik maka komoditas produk yang dihasilkan akan terjamin, terlindungi dari jamur, virus dan bakteri sehingga tahan dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Pemateri lain, Ny. Yudika Sabar Jaya Telmenyampaikan proses pengolahan ikan lele dengan dua variasi produk yaitu lele bumbu kuning dan abon ikan lele sekaligus  mempraktekkan cara bagaimana proses pengolahan dan pembuatannya bersama Pokja 3 hatinya PKK Desa Banua Sibohou II Kecamatan Alasa Kabupaten Nias Utara sampai pada makanan siap saji dan pengemasan produk. (Donal)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)