Di Jamu Presiden Jokowi di Istana, Anies dan Bacapres Lainnya Sampaikan Rakyat Ingin Presiden Jaga Netralitas

SW25
0
Tiga Bacapres masing-masing Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto makan siang bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (30/10)


Jakarta - Bacapres Koalisi Perubahan dan Persatuan, Anies Baswedan secara langsung meminta agar Presiden Joko Widodo mengambil sikap netral pada kontestasi Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Anies di Istana Negara, sesaat setelah mengikuti jamuan makan siang bersama antara 3 bacapres Presiden Jokowi, pada Senin (30/10/2023).

Anies bersama 2 bacapres lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo hadir memenuhi undangan Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Dalam keterangan persnya, Anies menyampaikan terimakasih atas undangan jamuan makan siang Presiden Joko Widodo. 

Aneis mengaku, menerima undangan Jokowi untuk hari Minggu (29/10), namun karena diwaktu bersamaan ada kegiatan bersama masyarakat Jember, Jawa Timur, pertemuan akhirnya diundur ke Senin, hari ini.

"(Saya) terimakasih berkenan dibuatnya hari Senin, sehingga kita bisa ikut sama-sama hadir," kata Anies.

Anies mengatakan, dalam jamuan makan siang tersebut, berjalan santai dan tidak dibahas hal-hal yang berat.

"Tadi kita ngobrol santai. Banyak hal yang dibahas, bahanyak hal yang didiskusikan. Tapi semua sifatnya yang ringan-ringan saja. Tidak ada sesuatu yang berat," ungkap Anies, yang diamini oleh 2 bacapres lainnya.

Secara khusus, Anies menyampaikan realita dilapangan saat ketiga bacapres tersebut bertemu dengan masyarakat dalam agenda safari politik masing-masing.

Dari interaksi tersebut Anies mengatakan bahwa masyarakat sayang kepada Presiden Joko Widodo. Dan mereka menitipkan pesan agar Presiden bisa menjaga netralitas pada suksesi kepemimpinan nasional 2024 ini.

"Kami sering bertemu dengan banyak orang-orang yang sayang dengan Bapak Presiden. Dan mereka-mereka yang sayang ini menitipkan pesan untuk Bapak Presiden bisa menjaga netralitas dan menegaskan kepada seluruh aparat untuk menjaga netralitas didalam Pilpres, Pemilu," ujar Anies.

Keinginan tersebut lanjut Anies, ditanggapi positif oleh Presiden Joko Widodo. Presiden akan mengumpulkan aparat pemerintah baik Kepala Daerah, TNI dan Polri untuk diminta netral.

"Dan kami melihat, itu adalah pesan penting yang  bisa membuat Pilpres kita besok bisa  berjalan dengan aman, damai. Dan seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional," pungkasnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo mengundang tiga bakal calon presiden, yaitu; Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto ke Istana Negara dalam jamuan makan siang bersama.

Ketiganya tiba di Istana pukul 12.00 WIB dan 'kompak' menggunakan pakaian batik lengan panjang.

Jamuan makan siang tersebut terbuka untuk awak media. 

Dalam jamuan makan siang tersebut terlihat bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan duduk berhadap-hadapan dengan Presiden Jokowi, sedangkan dua  bacapres Ganjar Pranowo duduk disisi kanan Jokowi dan Prabowo di sisi kiri.

Sedangkan untuk menu jamuan makan siang tersebut adalah masakan khas nusantara seperti Lontong, Rendang dan Gorengan. (SW25)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)