Ya'ahowu Digifest 2023 Resmi Ditutup, Catatkan Rekor 10 Ribu Pengunjung dan Bukukan Transaksi Ratusan Juta Rupiah

SW25
0
Kepala KPw BI Sibolga Yuliansah Andrias bersama perwakilan Pemda se-Kepulauan Nias pada penutupan Ya;ahowu Digifest 2023 di Kota Gunungsitoli


Kota Gunungsitoli - Kegiatan Ya'ahowu Digifest 2023 di Kota Gunungsitoli resmi ditutup pada Jum'at (13/10/2023).


Salah satu program unggulan BI Sibolga yang digelar di Taman Ya'ahowu sejak Kamis (12/10) itu ditutup secara resmi oleh Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias dan Sekda Kota Gunungsitoli, Oimonaha Waruwu.


Gelaran Ya'ahowu Digefest tersebut  berhasil mencatatkan jumlah pengunjung lebih dari 10.000 orang. Sedangkan untuk total transaksi UMKM yang berhasil dibukukan sebesar Rp250 juta.


Selain itu, multiplier effect rangkaian kegiatan ini memberi pengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar hotel (Okupansi hotel) dan sektor pariwisata di Kepulauan Nias khususnya Kota Gunungsitoli serta didorong penjualan makan dan minum disekitar lokasi yang meningkat.


Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias dalam siaran pers yang diterima limakabar.com pada Sabtu (14/10/2023) mengatakan kesuksesan Kegiatan Ya'ahowu Digifest 2023 berkat dukungan optimal yang diberikan oleh pemda se-Kepulauan Nias.


Dimomen tersebut Yuliansah juga mengajak pemda se-Kepulanuan Nias, dunia perbankan dan pelaku usaha untuk bersinergi dan terus mendorong terlaksananya digitalisasi transaksi diwilayahnya melalui program ETPD.


"BI mengajak masyarakat untuk terus menggunakan pembayaran non tunai dalam segala transaksi karena muara dari digitalisasi ini adalah peran masyarakat," terang Yuliansah.

Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias

Masih kata Yuliansah. Kegiatan Ya'ahowu Digifest 2023 merupakan awal mula dari milestone perjalanan dalam mewujudkan Kepulauan Nias melompat lebih tinggi melalui digitalisasi pembayaran.


"Terimakasih kepada semua pihak khususnya pemerintah daerah se-Kepulauan Nias berkat dukungan kita semua kegiatan Ya'ahowu Digifest 2023 bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya.


Sementara itu, Sekda Kota Gunungsitoli, Oimonaha Waruwu atas nama Pemkot Gunungsitoli mengapresiasi komitmen BI Sibolga dalam membantu digitalisasi transaksi di Kepulauan Nias. Oimonaha berharap Ya'ahowu Digifest 2023 memberi efek besar terhadap kesejahteraan masyarakat secara luas.


"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BI Sibolga atas peran dan dukungannya dalam membantu digitalisasi di wilayah Kepulauan Nias khususnya Kota Gunungsitoli," ungkapnya.


Sebelumnya, KPw BI Sibolga menggelar kegiatan Ya'ahowu Digifest 2023 pada 12-13 Oktober 2023 di Taman Ya'ahowu Kota Gunungsitoli.


Kegiatan ini diisi tiga agenda utama yaitu Ya'ahowu EduFair, Ya'ahowu Forum dan Ya'ahowu Culture and Entertainment.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)