Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan Simare-Mare, Jamil : Bukti Golkar Taat Asas dan Warisi Semangat Perjuangan Para Pahlawan

SW25
0
Ketua DPD Partai Golkar Kota Sibolga, Jamil Zeb  Tumori saat menapaki altar TMP Simare-mare untuk meletakkan karangan bunga sebagai wujud syukur atas perjuangan para pahlawan


Kota Sibolga - Ketua DPD Partai Golkar Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori mengatakan, diusianya yang ke-59 Partai Golkar hadir sebagai partai yang taat asas. Golkar konsisten pada garis perjuangannya sebagai representasi dari suara rakyat dan mewarisi nilai-nilai juang kepahlawanan.


Hal itu dikatakan Jamil, di Sibolga (25/10/2023), menjawab limakabar.com atas pertanyaan kenapa Golkar rutin mengagendakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) disetiap perayaan hari ulang tahunnya.


DPD Partai Golkar Kota Sibolga sendiri, pada Rabu (25/10) menggelar ziarah bersama ke TMP  Simare-Mare Sibolga dalam rangka HUT Partai Golkar ke-59 tahun 2023.


Ziarah ini diikuti oleh seluruh pengurus, organisasi sayap, anggota DPRD Sibolga asal Golkar, bacaleg serta kader dan simpatisan Golkar Kota Siboga.


Jamil mengatakan, Golkar menjadi satu-satunya partai di Sibolga yang menjadikan ziarah ke TMP sebagai agenda wajib. Ia katakan, ziarah tersebut bukan ceremonial belaka tetapi menyiratkan pesan moral terhadap keluarga besar Partai Golkar akan esensi perjuangan para pahlawan yang telah mewariskan nikmat kemerdekaan terhadap generasi penerus.


"Mungkin ada yang berpendapat ini kegiatan kuno. Tapi bagi Golkar ini sakral dan penting," jelasnya.


Ketua DPD Golkar Kota Sibolga bersama para bacaleg menaburkan bunga dipusara makam pahlawan


Dikatakan, di tubuh Golkar ada banyak elemen masyarakat dari segala kelompok umur, tua atau pun muda. Kepada mereka perlu diberi tahu, bahwa di Kota  Sibolga ada Taman Makam Pahlawan, tempat bersemayamnya para syuhada, pejuang bangsa dan patriot tanah air, yang gugur demi bangsa dan negara.


"Golkar dan seluruh elemen bangsa dapat berdiri tegak secara berdaulat saat ini, karena jasa para pejuangnya. Maka, ironis jika mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan tersebut melalui ziarah bersama dianggap sebagai hal kuno. Menurut saya, cara berpikir seperti itu yang kuno," ungkapnya.


Masih kata Jamil. Tidak banyak momentum yang bisa digunakan untuk memperkenalkan kesakralan TMP di Sibolga tersebut kepada generasi muda. Maka, Golkar menambah momentum itu untuk mengetuk hati khususnya generasi muda, bahwa tak banyak daerah di Indonesia ini yang memiliki Taman Makam Pahlawan.


"Artinya, kehadiran TMP ini sebenarnya sebuah kehormatan bagi Sibolga dan rakyatnya. Karena negara ini mengakui Kota ini sebagai kota para pejuang, yang jasad suci mereka dimakamkan disini. Anak muda khususnya AMPG harus tahu itu," terang Jamil.


Jamil pun berharap, ziarah bersama di TMP Simara-mare tidak dimaknai sebagai kegiatan rutinitas semata bagi Golkar, tetapi sebagai momentum dan pengingat bahwa Golkar bisa besar dan menjadi bagian dari dinamika perpolitikan nasional karena warisan para pendahulunya.


"Siapa mereka? tentu para pahlawan bangsa yang dimakamkan disini. Mereka berasal dari multi agama dan etnis. Tapi satu tujuan, memerdekakan negeri ini dan mengisi kemerdekaan itu dengan pembangunan. Dan kita kini menikmati alam kemerdekaan itu," pungkasnya.


Hadir pada ziarah bersama ini selain ketua DPD Partai Golkar Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori, juga sekretaris DPD Golkar Nurdin Zebua, ketua Fraksi Golkar Suryanti Sidabutar, bacaleg Sumut dapil 9 Lima Dewi, bacaleg Golkar Kota Sibolga, Pengurus dan anggota AMPG, Pimpinan Kecamatan dan Kelurahan Partai Golkar, organisasi sayap Golkar lainnya serta belasan kader dan simpatisan. (SW25)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)