PTAR Umumkan Juara Lomba Karya Jurnalistik 2024

SW25
0
Foto  bersama Direktur External Relations PTAR Sanny Tjan (keenam dari kiri), ketua Dewan Pers Nanik Rahayu (kelima dari kiri) dan Senior Manager Corporate Communications PTAR Katarina Siburian Hardono (paling ujung) bersama pemenang LKJAR 2024. Dok.PTAR

MEDAN - PT. Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe mengumumkan hasil penjurian Lomba Karya Jurnalistik (LKJAR) Nasional tahun 2024, di Hotel Santika Primiere Dyandra Medan, Sumut, pada Sabtu (18/5/2024).

Hasilnya, 13 karya terbaik dinobatkan sebagai jawara karya jurnalistik yang  mengusung tema "Penerapan Aspek ESG untuk Pertambangan Berkelanjutan" tersebut.

3 karya terbaik pada LKJAR 2024 tersebut diraih oleh (juara I) Jhonny Wardin P. Simatupang dari medanmerdeka.com, (juara II) Tri Subkhi Rahkmatullah dari Coal Metal Asia dan (Juara III) Ridwan Harahap dari OG Indonesia.

Selain itu, panitia juga mengumumkan hasil pada lomba yang sama untuk kategori juara favorit dan juara harapan. 

Untuk masing-masing pemenang, PTAR menyiapkan piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan total hadiah sebesar Rp62 juta.

Direktur External Relations PTAR, Sanny Tjan, mengatakan LKJAR 2024 diharapkan menjadi ajang kolaborasi dan sinergi terhadap keterbukaan informasi mengenai tambang berkelanjutan yang menerapkan aspek ESG.

Menurutnya, aspek ESG adalah sesuatu yang mutlak bagi perusahaan tambang agar tidak hanya bermanfaat di bidang ekonomi tetapi juga penting dalam menjaga keseimbangan antara tujuan ekonomi, lingkungan dan kesejahteraan sosial.

Kesuksesan menerapkan aspek ESG dilingkungan tambang tersebut dipicu oleh sinergitas dan kolaborasi yang baik antara PTAR dengan wartawan.

"Pencapaian luar biasa ini tidak terlepas dari peran media yang memberitakan kepada masyarakat,' katanya.

Ia pun berharap, animo wartawan untuk mengikuti lomba yang sama di tahun yang akan datang tetap tinggi.

"Selamat kepada seluruh jurnalis yang menang dan semangat terus bagi yang hari ini kemenangannya tertunda. Mari terus memberikan informasi terbaik kepada masyarakat," ajaknya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers, Nanik Rahayu yang turut hadir di hari Penghargaan Lomba Karya Jurnalistik Tambang Emas Martabe, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PTAR yang telah menempatkan pers sebagai pemangku kepentingan strategis.

Menurut Nanik, pemberitan penghargaan kepada jurnalis adalah cara PTAR menghormati dan menghargai kerja dan fungsi pers. Menjaga kehormatan tersebut juga menjadi tanggungjawab moral jurnalis itu sendiri.

Dikatakan, Jurnalis harus terus menjaga kemerdekaan pers di era digitalisasi saat ini. Sebagai penegak demokrasi, pers tidak hanya memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tetapi juga sebagai kontrol sosial atas penyusunan kebijakan.

"Pers merupakan penegak demokrasi yang penting. Oleh karena itu jurnalis (harus) terus menjaga kemerdekaan pers di era digital saat ini. Sebagai penegak demokrasi, pers tidak hanya memberikan informasi dan pengetahuan kepada publik tetapi juga kontrol sosial atas penyusunan kebijakan dan dampak kebijakan bagi masyarakat," ungkapnya.

"Terimakasih kepada Agincourt Resources telah menjadikan pers sebagai pemangku kepentingan strategis," pungkasnya menambahkan.

Sebelumnya Senior Manager Coporate Communicaitons PTAR, Katarina Siburian Hardono mengatakan animo wartawan mengikuti LKJAR 2024 meningkat hingga 95 persen.

Sebaran kepesertaan pun meluas mulai dari Sumut, Belitung, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Solo, Wonosobo hingga Jayapura.

Menariknya, sebanyak 54 persen karya yang diterima oleh panitia berasal dari wilayah sekitar kab/kota sekitar tambang yaitu Kab. Tapanuli Selatan, Kab. Tapanuli Tengah, Kota Padangsidimpuan dan Kota Sibolga.

"Ini membuktitkan bahwa komitmen kmai menggelar berbagai program media capacity building secara serius dan konsisten sejak 10 tahun lalu telah membuahkan hasil," katanya.

Katarina pun memuji daya saing jurnalis di Tapanuli yang mampu unjuk karya di kompetisi jurnalistik tingkat nasional.

"Bagi kami ini luar biasa," ungkapnya.

Kedepan, lanjut Katarina. PTAR berkomitmen terus mendukung mutu pers Indonesia bersama-sama dengan Dewan Pers dan organisasi dan asosiasi pers lainnya.

"Kami berharap kemitraan dengan organisasi pers dan insan pers tersu terjalin baik, solid, dan saling mendukung," ucapnya.

Sebelumnya, sejak Januari hingga April 2024, PTAR menggelar LKJAR 2024 tingkat nasional. Ajang ke-7 ini digelar dan dikuti oleh puluhan awak media dari seluruh Indonesia.

Penjurian seluruh karya tulis dilakkukan secara cermat oleh tiga juri independen yaitu; Pemimpin Redaksi Kumparan sekaligus Ketua Dewan Pengurus Forum Pemred Arifin Asydhad,
Pemimpin RedaksiKompas.com Wisnu Nugroho, serta Pengajar di Lembaga Pers Dr. Soetomo
(LPDS) Lestyanta R. Baskoro.

Berikut daftar pemenang Lomba Karya Jurnalistik 2024 Tambang Emas Martabe:
Juara I: Jhonny Wardin P. Simatupang dari medanmerdeka.com

Judul Karya: “Dulunya Pengangguran, Kini 7 Pemuda Batangtoru Hasilkan Cuan Ratusan Juta
dari Limbah Palet”

Juara II: Tri Subkhi Rakhmatullah dari Coal Metal Asia
Judul Karya: “Agincourt Resources pushes biodiversity initiatives”

Juara III: Ridwan Harahap dari OG Indonesia
Judul Karya: “Dari Muara Opu, Agincourt Resources Jaga Penyu Perairan Nusantara Tetap
Lestari”

Juara Favorit:
• Sahat Gultom dari Batakpost.com
Judul Karya: “Konservasi Hutan Mangrove PTAR Solusi Dinginkan Bumi”

• Arifin Al Alamudi dari IDN Times Sumut
Judul Karya: “Menilik Langkah Kolaborasi PTAR dalam Mengendalikan Sampah Plastik”

Juara Harapan 1:
• Tri Vosa BR Ginting dari Kumparan
Judul Karya: “Napas Kedua Penyu 'Si Setia' di Tengah Kemilau Logam Mulia di Muara
Opu”

• Eko Kurniawan dari Waspada.co.id
Judul Karya: “Kepedulian PTAR Jaga Lingkungan Lingkar Tambang Lewat Fasilitas WSF
Hingga Pemanfaatan Panel Surya”

• Jobbinson Purba dari WahanaNews.co
Judul Karya: “Agincourt Resources, Bisnis Tambang Berkelas, Terukur, dan
Bertanggung Jawab”

• Samman dari Metro Daily
Judul Karya: “Sopo Daganak: Membangun Karakter Anak Batangtoru dengan Pendidikan
Ragam Seni”

Juara Harapan 2:
• Septian Deny dari Liputan6.com
Judul Karya: “10 Tahun Agincourt Resources Mewujudkan Keberlanjutan Demi Masa
Depan”

• Samsul Pasaribu dari limakabar.com
Judul Karya: “Tukang Parkir Berubah Nasib Kelola Aset Miliaran Rupiah”

• Denny Parsaulian dari mediaindonesia.com
Judul Karya: “Lepas Tukik Bukan hanya untuk Lestarikan Keanekaragaman Hayati,
melainkan Hidupkan Pariwisata di Pantai Muara Opu”

• Mohot Lubis dari Waspada.id
Judul Karya: “Sentuhan PT AR Di KUB Batik Tapsel”


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)