Wartawan limakabar.com Raih Prestasi di LKJAR 2024

SW25
0
Samsul Pasaribu finalis LKJAR 2024

KOTA SIBOLGA - Lomba Karya Tulis Jurnalistik Agincourt Resources (LKJAR) Tahun 2024, yang dilaksanakan oleh Tambang Emas Martabe, sudah memasuki fase akhir, pada Sabtu (18/5/2024).

Digelar di Hotel Santika Primiere Dyandra Medan, Sumut, PTAR sebagai penyelenggara mengumumkan hasil penjurian kompetisi menulis yang dimulai sejak Januari hingga April 2024 tersebut.

Hasilnya, 3 karya terbaik masing-masing diraih oleh Jhonny WP Simatupang dari medanmerdeka.com sebagai juara pertama, dan Tri Subkhi Rahkmatullah dari Coal Metal Asia sebagai juara kedua serta Ridwan Harahap dari OG Indonesia sebagai juara ketiga.

Selain tiga kategori kejuaraan tersebut, penyelenggara juga mengumumkan kategori lain untuk lomba yang sama masing-masing dua orang juara favorit, empat orang juara harapan 1 dan empat orang juara harapan 2.

Masing-masing pemenang berhak atas hadiah uang pembinaan dengan total Rp62 juta.

Menariknya, LKJAR yang penyelenggaraannya memasuki tahun ke-7 ini menempatkan sejumlah wartawan asal Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah dipodium juara.

Pada pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya, hampir tidak ada wartawan asal Sibolga dan Tapteng yang dapat nomor juara.

Sebanyak empat jurnalis Sibolga Tapteng berhasil mendapatkan juara untuk semua klasifikasi juara yang ditetapkan oleh panitia, meliputi juara utama, favorit dan harapan.

Keempat jurnalis beruntung itu yaitu Jhonny WP Simatupang dari medanmerdeka.com yang meraih juara pertama, Jason Gultom dari batakpost.com meraih juara favorit pertama, Jobbinson Purba sebagai juara  harapan 1 dari wahananews.com dan Samsul Pasaribu sebagai harapan 2 dari limakabar.com.

Samsul Pasaribu disela kegiatan penganugerahan penghargaan LKJAR 2024 di Medan mengatakan, mengikuti LKJAR 2024 adalah kali pertama baginya.

Meskipun kerap mendengar ajang LKJAR dilaksanakan setiap tahun, namun Samsul mengaku kurang memahami mekanisme mengikuti lomba tersebut.

"Akses informasinya dulu sulit saya dapatkan," akunya.

Namun, untuk penyelenggaraan tahun 2024 ini, dirinya sudah lama bertekad ikut serta dan berusaha memberikan hasil karya yang terbaik.

"Alhamdulillah, untuk kali pertama ini saya dapat harapan 2. Cocoklah untuk kali pertama. Insya Allah, di tahun depan, bisa juara pertama," ucap Samsul sambil tersenyum.

Samsul mengaku, PTAR sebagai penyelenggara kompetisi sangat berperan aktif dalam meningkatkan kapasitas jurnalis di Sibolga dan Tapteng.

PTAR kerap menyelenggarakan lokakarya atau seminar dalam rangka meningkatkan pemahaman menulis wartawan lokal. Termasuk dalam memebekali wartawan menyongsong pelaksanaan LKJAR 2024 ini.

"Meskipun saya tidak ikut karena sedang berada di Jakarta, tapi secara mandiri saya menelusuri jejak penerapan aspek ESG PTAR khususnya di Desa Sumuran, Batangtoru melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat lewat program pendampingan usaha Koperasi Sarop Do Mulana, yang saya jadikan materi dalam lomba tulisan kali ini," ujarnya.

Dari penelusuran yang ia lakukana pada 20 April 2024 tersebut, Samsul menuturkan jika PTAR berkomitmen penuh meningkatkan kualitas SDM masyarakat sekitar tambang dalam berbagai aspek, baik sosial maupun lingkungan.

Hasil penelusuran secara langsung itu ia bubuhkan dalam tulisan berjudul 'Tukang Parkir Berubah Nasib Kelola Aset Miliaran Rupiah' dan berhasil menyakinkan juri sebagai finalis.

"Sekali lagi saya berterimakasih atas kepercayaan dewan juri. Ini tentu menjadi motivasi saya dan juga kawan-kawan lainnya untuk bisa menciptakan karya dan prestasi yang jauh lebih baik dimasa yang akan datang," pungkasnya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)