MTQN ke-39 Tingkat Sumut di Sipirok Ditutup, Medan Juara Umum, Tapteng Ukir Sejarah

SW25
0
Pj. Gubsu diwakili staf ahli Bid. Pemerintahan, hukum dan politik MA Effendy Pohan saat mengikuti acara penutupan MTQN ke-39 Tingkat Sumut di Sipirok, Tapsel

SIPIROK - Perhelatan Mushabaqah Tilawatir Qur'an Nasional (MTQN) ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Astaka MTQ ke-39, Kecamatan Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan, resmi diberakhir, Jum'at (28/6/2024).

Ajang paling ditunggu oleh 1.332  qari-qari'ah sebagai peserta dari 33 Kab/Kota di Sumut tersebut ditutup oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekda Provsu, MA Effendy Pohan atas nama Pj Gubsu Agus Fatoni.

Pada sambutan tertulisnya Agus Fatoni menyampaikan apresiasi atas kerja keras Pemkab Tapsel selaku tuan rumah dalam mempersiapkan perhelatan MTQN ke-39 tersebut dengan baik.

Kesuksesan penyelenggaraaan MTQN tersebut dapat dilihat dari kelancaran proses perjalanan setiap cabang mushabaqah sesuai dengan yang dijadwalkan.

Selain itu, tingginya animo warga untuk menyemarakkan dan mensukseskan gelaran MTQN tersebut juga mendapat apresiasi dari orang nomor satu di Sumatera Utara tersebut.

Agus Fatoni pun mendorong agar keberhasilan pelaksanaan MTQN di Tapanuli Selatan tersebut bisa berlanjut di pelaksanaan MTQN yang akan datang kab/kota pun tuan rumahnya.

Terkhusus, Agus Fatoni yang baru saja menjabat sebagai Pj Gubernur ini berharap qari-qariah yang berhasil menorehkan prestasinya di MTQN tersebut agar tidak berpuas diri. 

Menurutnya menjadi yang terbaik pada MTQN Tingkat Sumut bukanlah akhir dari sebuah perjuangan melainkan awal dari sebuah tanggungjawab yang besar.

"Para jawara, saya ucapkan selamat. Tapi perjuangan belum selesai. Tanggungjawab saudara-saudara untuk berjuang mengharumkan kafilah Sumut di MTQ tingkat nasional ke-30 di Kaltim dan IKN baru saja dimulai," ungkapnya.

"Untuk para peserta yang belum berhasil agar jangan berkecil hati. Teruslah belajar untuk meraih prestasi di MTQN yang akan datang.," pungkasnya.

Gubsu pun menekankan peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumut dan Kab/Kota untuk berbenah dan bekerja keras dalam membina dan mempersiapkan qari-qari'ah kafilah Sumut sehingga bisa mendapatkan prestasi terbaik di tingkat nasional.

Untuk diketahui, Kafilah Kota Medan keluar sebagai juara umum MTQN ke-39 Tingkat Sumut di Sipirok Kab. Tapanuli Selatan. Medan berhasil meraih total nilai 91. Sedangkan untuk peringkat ke-2 dan ke-3 masing-masing diraih oleh kafilah Kab.Deliserdang (39 poin) dan Kab. Langkat (38 poin).

Kabupaten Tapanuli Selatan sendiri sebagai tuan rumah hanya bertengger di posisi 9 dengan raihan poin 14.


Kafilah Tapteng Ukir Sejarah

Kafilah Kab. Tapanuli Tengah di arena MTQN ke-39 Tingkat Sumut

Untuk pertama kalinya, Kabupaten Tapanuli Tengah berhasil meraih juara pertama cabang Tilawah Al Qur'an golongan dewasa putra pada MTQN ke-39 Tingkat Sumut di Sipirok, Kab. Tapsel.

Prestasi luar biasa tersebut berhasil ditorehkan oleh Muslimin Hutapea dan berhak mewakili Provinsi Sumatera Utara pada MTQ tingkat nasional yang digelar September 2024 di Kaltim dan IKN.

Selain Muslimin Hutapea, Tapteng juga berhasil meraih juara harapan 2 cabang tilawah Al Qur'an golongan anak-anak putri atas nama Izzatul Aliyah Damanik dan juara harapan 2 cabang Hipzil Qur'an dengan tilawah 20 juz golongan putri atas nama Hafsah.

Raihan prestasi Kab. Tapteng ini menjadi yang terbaik sepanjang sejarah perhelatan MTQN di Sumatara Utara.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)