Pelepasan Siswa TK Islam Terpadu Al Muyassar Pandan Berlangsung Hikmad dan Haru

SW25
0
Kepala TK IT Al Muyassar Ummi Khairul Rahmah (kiri) dan Ummi Nani (kanan) diabadikan bersama siswa-siswi dan orangtua pada pelepasan siswa angkatan II TK IT Al Muyassar TP 2023/2024

PANDAN - Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TK IT) Al Muyassar, Pandan, Kab. Tapanuli Tengah menggelar acara pelepasan siswa-siswi angkatan ke-2 Tahun Pelajaran 2023-2024, di Aula Audio Visual SMA Negeri  1 Matauli Pandan, pada Jum'at (21/6/2024).

Bersamaan dengan itu, di hari yang sama juga dilangsungkan wisuda tahfidz ke-6, Rumah Qur'an Al Muyassar. 

Sebanyak 53 santriwan-santriwati berhasil menyelesaikan hafalan Qur'annya dengan jumlah juz yang  berbeda-beda, mulai dari 1 juz hingga 9 juz.

Kepala TK IT Al Muyassar Pandan, Khairul Rahmah, S.Pd  dalam sambutan  dan laporannya mengatakan pelepasan siswa dan siswi TK IT Al Muyassar  tersebut merupakan kali kedua sejak berdiri pada tahun 2022 lalu.

TK IT yang bernaung dalam Yayasan Islam Amalul Muyassar tersebut memiliki visi membentuk generasi Islam yang Qur'ani, bertaqwa, cerdas dan kreatif.

Visi tersebut sejalan dengan pembentukan karakter siswa berdasarkan usianya dengan senantiasa memperhatikan aspek afektif, kognitif dan physicomotorik.

"Maksud dan tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk melahirkan generasi-generasi emas yang cinta akan Al Qur'an berlandaskan sunnah Rasulullah dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Perempuan yang kerap disapa Ummi Rahmah ini menjelaskan, TK IT Al Muyassar memiliki tanggungjawab moral dan profesi untuk melahirkan anak-anak muda Islam yang jujur dan amanah.
 
Prosesi pelepasan siswa TK IT Al Muyassar oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Islam Amalul Muyassar Ustadz Syarwan Harahap di Aula Audio Visual SMAN 1 Matauli Pandan

Sebagai lembaga  pendidikan Islam, TK IT Al Muyassar berkomitmen menanamkan nilai-nilai Islam sejak dini dengan memadukan kurikulum yang ditetapkan pemerintah melalui Dinas Pendidikan dengan Visi besar Yasayan Islam Al Muyassar.

"Sepuluh hingga dua puluh tahun kedepan, anak-anak kita inilah yang akan memimpin generasi emas. Dan insya Allah mereka akan tumbuh menjadi generasi yang amanah, jujur dan cerdas sebagaimana visi pendidikan yang ditetapkan oleh yayasan," paparnya.

"Dan didorong oleh keinginan mulia tersebut tema pelepasan siswa kita angkatan kedua ini adalah Al Qur'an pedomanku meraih cita-cita. Dengan harapan, sebagai apa pun mereka dimasa depan, Al Qur'an menjadi tuntunan hidupnya dalam berkarir," tambahnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Islam Amalul Muyassar, Hj. Fitriany Daulay dalam sambutannya mengaku terharu atas kemajuan yang dicapai dua lembaga pendidikan dibawah naungan yayasan tersebut yaitu TKIT Al Muyassar dan Rumah Qur'an Al Muyassar.

Hj. Fitryany mengatakan baik TKIT mau pun Rumah Qur'an, keduanya merupakan sarana untuk menegakkan nilai-nilai Islam bagi generasi muda.

Keseriusan Yayasan Islam Amalul Muyassar dalam pengembangan dunia Islam melalui dunia pendidikan diperkuat pula dengan membuka Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Muyassar, yang proses pendidikannya dimulai tahun ajaran 2024.

"Yayasan ingin anak-anak muda Islam tumbuh dengan hati yang tertaut dengan Al Qur'an, cinta dengan Al Qur'an dan mempedomani Al Qur'an. Hal itu akan menjadi hujjah kita kelak dihadapan Allah SWT," tegasnya.

Foto bersama wisudawan Rumah Tahfidz Al Muyassar dan siswa TKIT Al Muyassar bersama civitas akademika, pengurus yayasan dan orangtua siswa/santri

Senada dengan itu, pembina Yayasan Islam Amalul Muyassar Al Ustadz Syarwan Harahap mengapresiasi capaian SDIT dan Rumah Tahfidz Al Muyassar tahun ajaran 2023-2024.

Ia percaya, dengan keberhasilan pengelolaan sistem pendidikan yang baik dan diakui oleh orangtua, lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang dikelola yayasan akan mendapat tempat dihati masyarakat.

"Insya Allah, TK IT, Rumah Qur'an dan SD IT Al Muyassar akan semakin maju dan berkembang serta mendapat tempat dihati masyatakat," pungkasnya.

Pelepasan siswa TKIT dan wisuda Rumah Tahfidz, Al Muyassar tersebut berlangsung semarak dan penuh haru.

Pasalnya, siswa TKIT Al Muyassar yang tampil membawakan drama musikal bertajuk 'cita-citaku' tersebut berlangsung seru, lucu dan haru.

Siswa yang rata-rata berusia 5-6 tahun tersebut tampil apik menyampaikan keinginannya jika besar nanti.

Ditutup dengan pembacaan puisi oleh perwakilan orangtua dan guru, pementasan drama musikal tersebut berhasil menghipnotis undangan dan orangtua siswa yang hadir.

Momen unik juga terlihat diacara wisuda santri Rumah Qur'an Al Muyassar. 

Sedikitnya sebanyak 8 orangtua santri/ santriwati turut di wisuda bersama anaknya. 8 orangtua santri tersebut berhasil menghapal juz 30 Al Qur'an berbarengan dengan anak-anaknya.

Salah satu orangtua siswa, Rizki Wulandari (32) warga Pandan Elok, mengaku bangga putranya Adam menjadi lulusan TKIT Al Muyassar.

Rizki menurutkan, dirinya sempat kesulitan mendapatkan sekolah berkualitas dan terjangkau untuk anaknya. 

Namun, atas informasi dari beberapa kenalan yang menyekolahkan anaknya di TKIT Al Muyassar, ibu dua anak ini 'jatuh cinta' dan memilih Al Muyassar sebagai kawah candra dimuka bagi pendidikan dini anaknya.

"Masya Allah, alhamdulillah sekolahnya bagus dan amanah. Anak-anak kita di didik dengan baik. Ummi-umminya profesional. Beruntung sekali Adam bisa mengenyam pendidikan disini," akunya.

"Insya Allah, Adam akan melanjutkan jenjang SD nya disini dan adiknya juga akan sekolah TK disini juga," katanya.

Amatan limakabar.com, siswa TKIT yang lulus tahun pelajaran 2023/2024 tersebut rata-rata berhasil menghapal ayat-ayat pendek juz 30 Al Qur'an.

Satu diantara lulusan TK IT Al Muyassar yang berhasil hapal 1 juz Al Qur'an tersebut adalah Nadhifa Arrasyidah Panjaitan (6). Gadis cilik yang bercita-cita jadi dokter tersebut berhasil mengungguli kawan seangkatannya terkait hapalan Al Qur'an.

Turut hadir pada pelepasan siswa-siswi TK IT dan wisuda tahfidz Rumah Qur'an Al Muyassar ini diantaranya Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Ustadz Syarwan Harahap, Ketua Yayasan Hj. Fitryany Daulay, Kepala TKIT Al Muyassar Khairul.Rahmah, S
Pd, Kepala Rumah Qur'an Al Muyassar Anni Khoiroh, tenaga pendidik dan non kependidikan Al Muyassar dan orangtua siswa serta santri.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)