Pasar Ikan Modern Kota Sibolga Resmi Beroperasi, Jamaluddin "Yang Mau Jualan Ikan, Jualan Kuliner, Silahkan"

SW25
0
Pasar Ikan Modern Kota Sibolga

KOTA SIBOLGA - Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan, meresmikan penggunaan Pasar Ikan Modern Kota Sibolga, di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Aek Manis, Kota Sibolga,  pada Rabu (17/7/2024).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Sibolga disertai dengan penyerahan surat keputusan pengelolaan pasar tersebut kepada Perusahaan Daerah Sibolga Nauli (PD Sina)

Jamal mengatakan pembangunan Pasar Ikan Modern tersebut semata-mata untuk kepentingan masyarakat umum khususnya para pedagang ikan pinggir jalan.

Pasalnya, pasar ikan yang sama tak jauh dari lokasi tidak mampu menampung seluruh pedagang ikan sehingga harus menggunakan badan jalan untuk berusaha.

Para pedagang ini kerap diterpa hujan dan panas dan akses jalan yang seyogyanya diperuntukkan bagi pengangkutan umum jadi terganggu total.

"Yang dipinggir jalan wajib masuk ke dalam, nggak boleh lagi (jualan) di luar," kata Jamal disambutannya.

Sebagai fasilitas publik, Jamal menegaskan bahwa semua pedagang ikan dan pelaku usaha makanan boleh menggunakan bangunan tersebut dengan mengikuti aturan yang ditentukan oleh pengelola.

Ia berharap, kehadiran pasar ikan tersebut memberi manfaat luas bagi masyarakat.

"Walikota nggak ada menguasai ini. Nggak ada saudara Walikota yang jualan disini, tidak ada. Silahkan ikuti aturan. (Jika) mau jualan kuliner diatas, silahkan ikuti aturan," paparnya.

Masih kata Jamal. Pembangunan Pasar Ikan Modern tersebut juga untuk memperkuat julukan Sibolga sebagai kota ikan.

"Semua kita berharap ini bermanfaat. Sebab kita menyadari bahwa Kota Sibolga adalah kota ikan. Jadi perlu kita tunjukkan kepada masyarakat luas," jelasnya.

Jamal melanjutkan, meskipun bangunan tersebut telah dapat dipergunakan, Pemko Sibolga tetap membuka ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan saran dan kritikannya.

Ia ingin, agar Pasar Ikan Modern tersebut memberi dampak ekonomi besar bagi warga Kota Sibolga.

"Saya sebagai putra daerah, sampaikan nanti apa kekurangan pemerintah. Apa kekurangan pasar ini, sampaikan. Kita perbaiki bersama-sama," imbaunya.

Sebelumnya, Plt Kadis Perikanan, Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Sibolga, Anwar Sadar mengatakan pengoperasian Pasar Ikan Modern tersebut didorong oleh keinginan Pemko Sibolga memberikan tempat yang layak dan refresentatif bagi pedagang ikan di Kota Sibolga untuk berusaha.

Kehadiran pasar tersebut diharapkan akan mengurangi volume penggunaan badan jalan KH.Ahmad Dahlan sehingga dapat dilalui armada transportasi umum seperti angkot dan becak.

"Pemko Sibolga mempersembahkan bangunan ini bagi pedagang ikan dan kuliner sebagai tempat yang layak dan modern untuk bertransaksi, dan kami akan mengakomodir seluruh pedagang ikan yang ada di Kota Sibolga untuk berusaha disini," katanya.

"Sebagai Pasar Ikan Modern, kita berharap tempat ini menjadi ikon baru Kota Sibolga," tambahnya.

Turut hadir dalam peresmian ini diantaranya; Danrem 023/KS Kolonel Inf Lukman Hakim, Dandim 0211/ TT Letkol Inf Jhon Patar Hasundungan Banjarnahor, Kepala KPw BI Sibolga Yuliansah Andrias, Sekda Kota Sibolga Juneidi Tanjung, serta sejumlah pimpinan OPD, dan aparat pemerintah kecamatan dan kelurahan se-Kota Sibolga.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)