Rutin Berolahraga di GBK, Mantan Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk Berbagi Tips Jaga Kebugaran dan Kesehatan Tubuh

SW25
0
Buya Drs. H.M. Syarfi Hutauruk saat berolahraga di GBK Jakarta

JAKARTA - Hidup sehat pastinya menjadi dambaan semua orang. Laki-laki, perempuan, tua dan muda selalu berharap dianugerahi kesehatan yang prima.

Meskipun menjadi dambaan semua orang, tidak banyak yang berjuang bersungguh-sungguh untuk mendapatkan raga yang sehat dan prima.

Kali ini, secara tidak sengaja media limakabar.com bertemu dengan mantan Walikota Sibolga, Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, di komplek Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Walikota periode 2010-2015 dan 2016-2021 tersebut terlihat berolahraga di stadion kebanggaan Indonesia tersebut, pada Selasa siang (23/7/2024).


Sadar bahwa pertemuan tersebut tidak bisa terjadi setiap saat, awak media dari limakabar.com pun mengajak pria yang kini akrab disapa Buya Syarfi tersebut untuk berbincang-bincang.

Disela istirahat olahraganya, Buya Syarfi menuturkan jika dirinya kerap mengisi waktu senggangnya dengan berolahraga.


Tidak hanya pagi atau sore hari yang lazim dilakukan olah banyak orang, Buya Syarfi sesekali juga memanfaatkan waktu siang yang terik untuk memeras keringat.

"Ya, seperti hari ini, dari pukul 11.00 - 12.50 WIB siang tadi," kata Buya Syarfi mengawali bincangnya dengan limakabar.com


Buya Syarfi yang saat ini menjabat Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PP PERTI) berpandangan jika kesehatan merupakan anugerah Tuhan yang harus dijaga dan diperjuangkan.

Menurutnya, berolahraga merupakan salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT, yang telah menganugerahkan nikmat kesehatan kepada diri setiap orang.

"Olahraga itu kan bagian dari cara kita untuk tetap segar dan bugar. Jika tubuh sehat, badan segar, maka aktivitas akan lancar, menjalankan ibadah pun menjadi lebih tenang dan khusuk," katanya.

Bagi Syarfi, olahraga yang rutin ia lakoni saat ini merupakan bagian dari pola hidup sehat yang ia terapkan dalam keluarga.

Jauh sebelumnya, jalan sehat dan bersepeda menjadi rutinitas yang ia lakukan untuk menjaga agar staminanya tetap terjaga dengan baik.

Buya Syarfi Hutauruk bersama sahabatnya saat berolahraga di komplek Masjid Nabawi Madinah pada musim haji tahun 2024

"10 tahun menjadi Walikota Sibolga, jalan sore dan bersepeda rutin saya lakukan bersama OPD. Bahkan, saat musim haji 2024 tahun ini, saya tetap menyempatkan berolahraga dengan berjalan kaki mengelilingi kawasan Masjidil Haram di Mekkah atau pun Masjid Nabawi Madina," ceritanya.

"Intinya jangan malas berolahraga. Bukan untuk orang lain, tapi untuk diri kita sendiri. Sering-sering tunjukkan kepedulian kita kepada diri kita dengan berolahraga," ajaknya.

Buya Syarfi yang saat menjadi Walikota Sibolga dinobatkan sebagai Walikota paling inovatif se-Indonesia oleh Seven Media ini pun mengutip wasiat Nabi Muhammad SAW tentang pentingnya menjaga lima perkara  hidup, yakni; menjaga masa muda sebelum masa tua, menjaga masa sehat sebelum masa sakit, menjaga masa kaya sebelum masa miskin, menjaga waktu luang sebelum waktu sibuk dan menjaga masa hidup sebelum kematian tiba.


"Jadi semua itu bisa kita jalankan kalau kita sehat wal afiat. Jadi jaga kesehatan kita," sarannya.

Buya Syarfi yang sepanjang perbincangan terlihat menyeka keringat dengan jaket dan kaos yang basah oleh keringat itu pun menghimbau agar setiap orang menjaga kesehatan badannya sesuai dengan hobinya masing-masing.

"Mau jalan boleh, sambil lari juga boleh. Mau bersepeda pun juga boleh," ujarnya.

"Ayo sama-sama kita berikhtiar hidup sehat dan bugar. Agar ibadah semakin nikmat. Latih pikiran dengan hal-hal positif agar hati kita semakin bersih," pungkasnya.

"Siap, Buya," kata wartawan limakabar.com
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)