Satlantas Polres Sibolga Gelar "Operasi Patuh Toba 2024" di Komplek Sekolah

SW25
0
Personil Satlantas Polres Sibolga berikan sosialisasi peningkatan kepatuhan berlalu lintas bagi pelajar SMPN3 Sibolga dalam rangka Kegiatan Police Goes To Scholl-OPT 2024

KOTA SIBOLGA - Ada yang menarik dalam Operasi Patuh Toba (OPT) 2024 Polres Kota Sibolga. Jika OPT 2024 biasanya berlangsung di jalan raya, kali ini operasi tersebut berlangsung di sekolah.

Untungnya, OPT 2024 di sekolah tepatnya di SMP Negeri 3 Sibolga ini tidak dalam rangka penindakan atas pelanggaran lalu lintas, namun dalam rangka kegiatan Police Goes to School, bertajuk sosialisasi peningkatan kepatuhan berlalu lintas bagi pelajar, pada Kamis (25/7/2024).

Kapolres Sibolga melalui Kasat Lantas AKP Muhammad Joni, menjelaskan OPT 2024 adalah operasi tertib berlalu lintas yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 15-28 Juli 2024.

Operasi tersebut menitik beratkan pada 10 pelanggaran prioritas, yaitu; 1) Melawan arus, 2) Berkendara dibawah pengarus alkohol, 3) Menggunakan Hp saat mengemudi, 4) Berkendara dibawah umur, 5) Tidak memiliki SIM, 6) Tidak menggunakan helm SNI, 7) Tidak menggunakan sabuk keselamatan, 8) melebihi batas kecepatan, 9) Berboncengan lebih dari satu dan, 10) Tidak melebihi muatan/ ODOL.

AKP Muhammad Joni berharap sosialisasi yang diberikan oleh pihaknya dapat memberi pemahaman kepada kalangan pelajar agar semakin taat terhadap aturan berlalu lintas, khususnya saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor.

"Baik yang mengemudi maupun yang dibonceng, keduanya wajib memakai helm SNI," jelasnya.

Secara khusus, AKP Muhammad Joni juga menyoroti perihal penggunaan knalpot brong yang kerap menjadi gaya berkendara anak muda khususnya para pelajar dewasa ini.

Ia menegaskan, menggunakan knalpot brong yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik merupakan bentuk pelanggaran lalu lintas lainnya. Selain itu keberadaan knalpot tersebut juga menggangu ketertiban umum.

"Maka jangan gunakan knalpot brong. Patuhi rambu-rambu lalu lintas," imbaunya.

Selain di SMPN 3 Sibolga, sosialisasi yang sama juga dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sibolga. Sosialisasi tersebut dilaksanakan serangkaian dengan kegiatan apel pagi di sekolah tersebut.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)