BI Sibolga Gelar Tao Toba Joujou Festival X Digifest 2024 di Samosir, Kampanyekan Tagline "Majestic Tao Toba" menuju Danau Toba Mendunia

SW25
0
(kiri) kepala KPw BI Sibolga Riza Putera (kanan) Kepala KPw BI Sibolga bersama Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Inspektur Sumut Lasro Marbun dan Forkopimda menabuh gondang pertanda kegiatan Tao Toba JouJou Festival X Digifest 2024 resmi dibuka
 
KAB. SAMOSIR - Kabupaten Samosir kembali didaulat sebagai tuan rumah penyelenggaraan Tao Toba Joujou Festival X Digifest 2024, di Pangururan, Kab. Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Tao Toba Joujou Festival tersebut diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sibolga pada 19-21 Juli 2024.

Digital Festival (Digifest) sendiri pertama kali dilaksanakan tahun 2021 dan menjadi salah satu program promosi andalan BI Sibolga dalam mensosialisasikan digitalisasi sistem pembayaran dengan menggelar berbagai kegiatan.

Kepala KPw BI Sibolga, Riza Putera mengatakan dipilihnya Kab. Samosir untuk kedua kalinya sebagai tuan rumah Tao Toba Joujou Festival X Digifest 2024 karena Samosir merupakan jantung pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Digelarnya festival bertajuk "Akselerasi Danau Toba menuju Destinasi Pariwisata Berkualitas Dunia" tersebut diharapkan memberi efek besar terhadap pengembangan Danau Toba.

"Kami memandang pelaksanaan event di Kab. Samosir tahun ini diharapkan memberikan magnitude effect yang lebih besar terhadap pengembangan kualitas pariwisata Danau Toba, karena Samosir saat ini menjadi jantung pengembangan DPSP Danau Toba," kata Riza dalam sambutannya di pembukaan Tao Toba Joujou Festival tersebut di Pangururan Samosir, Sabtu (20/7/2024).

Guna mempercepat terealisasinya Danau Toba menjadi destinasi wisata berkelas dunia, BI mengajak seluruh stakeholder untuk bersama-sama mengkampanyekan tagline Mejestic Tao Toba yang jika diterjemahkan secara bebas berarti Keagungan Danau Toba atau Danau Toba yang Agung.

"Alam dan budaya yang sangat menarik menjadi alasan kuat bahwa destinasi pariwisata Danau Toba memiiki kesan yang majestic. Kami berharap kita bersama-sama mengkampanyekan tagline tersebut menjadi new branding di seluruh Kabupaten yang ada di Danau Toba," ajak Riza.

Masih kata Riza. Untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia, diperlukan sinergitas yang kuat dalam mengakselerasi Danau Toba sebagai quality tourism dan bertransformasi menjadi destinasi yang menyasar wisatawan mancanegara yang high quality dan high spender.

"Kami mengajak seluruh stakeholder untuk bersinergi," pungkasnya.

Agenda Tao Toba Joujou Festival X Digifest 2024, Dihibur Band Papan Atas Jamrud


Tao Toba Joujou Festival X Digifest 2024 di Pangururan Kab. Samosir memiliki tiga kegiatan utama yang disebar di 3 Island, yakni; Digital Tourism Fair, Festival Kopi Tanah para Raja dan Festival Ulos Boru Ni Raja.

Kegiatan Digital Tourism Fair sendiri dikhususkan untuk mengakselerasi promosi pariwisata Danau Toba baik menggunakan platform digital maupun jasa influencer. 

Kegiatan utama yang dilakukan pada kegiatan Digital Tourism Fair adalah Toba Digital Travel and Exhibition, Launching Travel Pattern, QRIS jelajah Samosir, Travel Business Matching, Pokdarwis Challenge dan Culinary Expo.

Selanjutnya, kegiatan Festival Kopi Tanah para Raja dikhususkan untuk memperkenalkan dan membangkitkan geliat pelaku usaha (UMKM) kopi asli menjadi komuditas ekspor, yang berasal dari wilayah kerja BI Sibolga, seperti Kopi Mandheling, Sipirok, Toba, Tapanuli Utara, Lintong dan Samosir.

Festival Kopi Tanah para Raja juga merupakan acara puncak festival dan kompetisi kopi yang sebelumnya telah dilaksanakan di tiga regional yaitu regionel Tabagsel, regional Tabateng dan regional Samosir Danau Toba.

Dan untuk Festival Ulos Boru ni Raja, ditujukan untuk lebih memperkenalkan produk-produk premium tenun ulos melalui kegiatan hall of inspiration Ulos, demo menenun dan pembuatan pewarna alam, Meet the Makers and Private Priview serta Lelang ulos di atas Kapal seraya berlayar mengexplore Pulau Samosir.

Gelaran Tao Toba Joujou Festival X Digifest 2024, akan diisi oleh berbagai kegiatan fun activity, talkshow, showcasing dan special performance dari deretan bintang tamu, band  dan artis ternama diantaranya ; Jamrud, Siantar Rap Foundation, Eric Zen and Friends dan Opera Batak.

So, jadikan libur akhir pekanmu dari tanggal 19-21 Juli 2024 di Waterfront City, Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)