Ikuti Rakor Kesiapan Pilkada Serentak se-Sumatera, Pj Bupati Tapteng "Kami Siap"

SW25
0
Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta (Batik Merah) bersama kepala daerah lainnya se-Sumatera dalam Rakor Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Medan

MEDAN - Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta menghadiri Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024, Regional Sumatera, di Regale International Convention Centre Medan, pada Selasa (9/7/2024)

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Menkopolhukam Hadi Tjahjanto dan dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian, Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin, Ketua Bawaslu RI Rahmad Bagja serta sejulah pihak terkait lainnya termasuk Walikota/Bupati/ Gubernur se-Sumatera.

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa semua elemen harus bersinergi mensukseskan Pilkada Serentak tahun 2024 ini.

Ia berharap penyelenggara Pilkada diantaranya KPU, Bawaslu, DKPP dan lembaga non Bawaslu harus on the track pada tugas dan fungsi kewenangannya.

Mantan Panglima TNI ini meminta agar KPU bersikap netral dan berintegritas. Menurutnya, semua pihak perlu menjaga stabilitas politik, hukum dan HAM dalam pelaksanaan Pilkada tersebut.

"Pilkada ini jadi sejarah, sebab pertama sekali dilaksanakan serentak di Indonesia," ucap Hadi Tjahjanto.


Secara khusus, Hadi Tjahjanto juga menyinggung soal peran Pemda dalam memberikan dukungan dan fasilitas penyelenggaraannya. 

Dukungan fasilitas tersebut menurutnya bagian dari upaya terciptanya ketentraman dan ketertiban umum dan menjamin ketersediaan anggaran.

"Kita sepakat bahwa seluruh komponen bangsa dan negara perlu menjaga stabilitas dalam pelaksanaan Pilkada ini," tegasnya.


Menanggapi apa yang dikemukakan oleh Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, Pj. Bupati Tapteng, Sugeng Riyanta menjelaskan bahwa Pemkab Tapten gsiap mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 tersebut.

Pemkab Tapteng, jelas Sugeng, akan bersinergi dengan KPU, Bawaslu, TNI dan Polri di daerahnya agar Pilkada 2024 berjalan lancar dan sukses.


"Karena saya yakin, Pilkada ini berjalan sukses seperti pada pelaksanaan Pemilu Serentak lalu," ucapnya yakin.

Salah satu bentuk kongkrit dukungan Pemkab Tapteng atas suksesi kepemimpinan di daerah tersebut adalah berupa pencairan dana hibah untuk mendukung kegiatan KPU, Bawaslu dan Polri dalam waktu dekat ini.

"Terkait dengan NPHD dengan pemberian dana untuk Pilkada kepada KPU, Bawaslu, TNI/Polri, Pemkab Tapteng siap memfasilitasinya," pungkasnya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)