Polres Sibolga Amankan Secara Maraton Proses Pendaftaran Calon Kepala Derah Kota Sibolga

SW25
0
Satgas Mantap Praja Toba 2024 Polres Sibolga saat memberikan pengamanan dan pengawalan ke salah satu paslon Pilkada Sibolga yang mendaftar ke KPU pada malam hari

KOTA SIBOLGA - Polres Sibolga secara maraton melakukan pengamanan dan pengawalan proses pendaftaran calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga ke KPU Kota Sibolga, yang dibuka pada tanggal 27-29 Agustus 2024 lalu.

Kapolres Sibolga, AKBP Achmad Fauzy melalui Kasi Humas Iptu Suyatno menjelaskan dalam rangka kesuksesan tahapan pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada Serentak di Sibolga, Polres Sibolga telah membentuk satuan khusus yang disebut Satuan tugas (Satgas) Mantap Praja Toba 2024.

Satgas Mantap Praja Toba tersebut kata Suyanto adalah satuan yang dibentuk dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kota Sibolga.

Satgas Mantap Praja Toba 2024 berfungsi untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada Serentak di Kota Sibolga berjalan dengan aman, damai dan tertib, termasuk tahapan pendaftaran calon yang berlangsung pada 27-29 Agustus 2024 lalu.

"Dan alhamdulillah, proses pendaftaran yang sudah berakhir pada Kamis dini hari (29/8/2024) kemarin, telah berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada gangguan yang berarti," kata Suyatno.

Suyatno menjelaskan, meskipun pendaftaran sudah dimulai sejak Selasa (27/8), namun semarak pendaftaran calon kepala daerah baru terasa di hari kedua dan ketiga pendaftaran.

Paslon Syukri Nazri Penarik dan Pantas M Lb Tobing (Pentas) menjadi satu-satunya pasangan calon yang mendaftar ke KPU Kota Sibolga pada Rabu pukul 15.00 WIB tersebut.

Sedangkan untuk tiga paslon lainnya yakni Paslon M. Fadhil Thoib Hutagalung-Marojahan Panjaitan (Faham), Paslon Memory Eva Ulina Panggabean-Sulhan Sitompul (Messi) dan Paslon Robinsar Sinaga-Mukhlis Suhada (Romantis), baru mendaftar pada hari terakhir yaitu Kamis (29/8/2024).

"Pada proses pendaftaran tersebut, semua paslon kita berikan pengamanan dan pengawalan sesuai dengan SOP dan tidak ada yang dibeda-bedakan," jelas Suyatno.

Ia juga menjelaskan, pengamanan dan pengawalan proses pendaftaran Cakada Sibolga dilakukan oleh Satuan Tugas Mantap Praja Toba 2024 Polres Sibolga.

"Dan Satgas Mantap Praja Toba ini terkait pengamanan dan pengawalan terhadap proses pendaftaran ini dilakukan secara maraton, sejak pagi hingga malam dini hari selama masa pendaftaran masih dibuka," ungkapnya.

Suyatno merinci, bentuk pengamanan dan pengawalan yang diberikan oleh pihaknya berupa pengamanan rote perjalan rombongan setiap pasangan calon dari titik kumpul ke kantor KPU, pengaturan lalu lintas dan rekayasa jalan yang diterapkan guna mencegah kemacetan, serta memberiekan prioritas penggunaan jalan pada rombongan pasangan calon.

"Dan alhamdulillah, tugas Satgas Mantap Praja Toba 2024 ini berjalan dengan efektif dan sukses," ungkapnya.

Lebih jauh Suyanto menerangkan, Satgas Mantap Praja Toba 2024 akan terus melakukan pengamanan dan pengawalan terhadap jalannya tahap demi tahap Pilkada Serentak di Kota Sibolga, guna memastikan Pilkada berjalan aman dan lancar tanpa ada ganggunan kamtibmas sekecil apa pun.

"Sebagaimana arahan dan penegasan dari Pak Kapolres AKBP Achmad Fauzy, Polres Sibolga siap mensukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak di Sibolga dengan rasa aman, nyaman dan damai," pungkasnya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)