Sampah Menumpuk, DLH Madina Berharap Masyarakat Berperan Kelola Sampah Sendiri

Redaksi
0


Madina | Untuk mengurangi tumpukan sampah yang ada di tempat pembuangan sampah Desa Mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara , Kabupaten Mandailing Natal(Madina) Provinsi Sumatra Utara (Sumut). Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Madina berharap agar masyarakat turut berperan melakukan pengolahan sampah sendiri. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala bidang Pengolahan sampah dan limbah Amru Nasution, Sabtu (24/08/2024 )

"Tiap hari bahkan hari libur petugas pengangkut sampah tidak pernah absen dalam pengangkutan sampah "jelas Amru .

Disampaikannya bahwa peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam strategi pengurangan sampah, ada beberapa cara dalam mengelola sampah tergantung kemauan warga.

" Contoh apa salahnya kita buat pengolahan sampah di desa, sampah plastik di ubah menjadi paving block , sampah organik diubah menjadi pupuk organik , kan sudah ada desa melaksanakan life skill dengan anggaran yang di tampung di Dana Desa, "tambah Amru.

Karena menurutnya, permasalahan sampah menumpuk di desa mompang julu dapat diselesaikan juga melalui program Pemerintah Desa untuk melakukan pengolahan sampah.

" Program desa sangat kita butuhkan dalam pengurangan kuota sampah ini, kalau kita saling menyalahkan, saling tuding menuding lantas kapan selesainya masalah sampah ini . Toh nanti kalau hasil eksperimen pengolahan sampah berhasil kan desa dapat menambah nilai ekonomi masyarakat  , Paving Blok dari sampah bisa dibuat untuk pembangunan jalan di desa," tutup amru. (Magrifatulloh)
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)