7 Unit Rumah Ludes Terbakar di Pasar Belakang, Polres Sibolga dan Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api

SW25
0

 

Tim Gabungan dan Unit Damkar Kota Sibolga saat berjibaku memadamkan api pada peristiwa kebakaran di Jl Ahmad Yani dan Jl Murad Tanjung pada Sabtu malam (31/8/2024)

KOTA SIBOLGA - Si jago merah mendadak 'mengamuk' di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, pada Sabtu (31/8/2024), sekitar pukul 20.15 WIB.

Akibatnya, sebanyak tujuh unit rumah, dimana empat diantaranya hangus terbakar dan rata dengan tanah. Sementara tiga unit lainnya rusak parah dan ringan.

Kapolres Sibolga, AKBP Achmad Fauzy melalui Kasi Humas Iptu Suyatno menjelaskan, berdasarkan kesaksian warga, api diduga berasal dari rumah milik Maritje Etna Lubis sebelum akhirnya membesar dan melahap lima rumah lainnya.

Diterangkan, warga atas nama Marwan Simatupang, Randy Yusuf Bahri Hutabarat dan Pekwan Malau mencium bau kabel terbakar saat ketiganya duduk di sebuah warung tak jauh dari lokasi kejadian.

Curiga dengan bau tak biasa tersebut, ketiganya lalu mencari sumbernya dan mendapati rumah yang ditempati Maritje Etna Lubis telah di lahap api.

Guna memberikan pertolongan pertama, tiga sekawan ini harus mendobrak pintu rumah tersebut dan mendapati api telah berkobar dan memenuhi seluruh ruangan bangunan tersebut.

Dan dengan menggunakan peralatan dan air seadanya, bersama warga lainnya Marwan Simatupang dan kawan-kawan berusaha memadamkan api, hingga petugas Pemadam Kebakaran tiba 30 menit kemudian.

"Tiga unit mobil Damkar tiba di lokasi kejadian pukukl 20.45 WIB dibantu tiga unit mobil tangki serta ada dukungan dari Dinas Damkar Kab. Tapteng sebanyak dua unit," kata Iptu Suyatno merincikan.

Sedangkan untuk penanganan kebakaran itu sendiri dilakukan secara terpadu yang melibatkan personil Polres Sibolga, TNI, Satpol PP dan masyarakat setempat.

"Tim gabungan ini bekerja keras untuk menanggulangi kobaran api agar tidak semakin meluas," katanya.

Upaya menjinakkan api tersebut baru membuahkan hasil tiga jam kemudian, tepatnya sekitar pukul 23.30 WIB.

"Kita bersyukur tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini meskipun kerugian materialnya diperkirakan mencapai Rp500 juta," ungkapnya.

Ditanya sebab pasti peristiwa kebakaran tersebut, Iptu Suyatno menjelaskan pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Nanti disampaikan lebih lanjut ya," pungkasnya.


Pemko Sibolga Siapkan Hunian Darurat Sementara

Sekda Kota Sibolga Juneidi Tanjung

Sekda Kota Sibolga, Juneidi Tanjung atas nama Pemerintah Kota Sibolga mengungkapkan rasa duka atas peristiwa kebakaran yang melanda warganya di  Jalan Ahmad Yani dan Jalan Murad Tanjung, Pasar Belakang Sibolga pada Sabtu (31/8/2024).

Ia menerangkan, data sementara diperoleh sebanyak 8 KK kehilangan tempat tinggalnya akibat peristiwa tersebut.

Pihaknya pun telah menyiapkan Posko Tanggap Darurat sebagai respon cepat pemerintah atas peristiwa tersebut dimana seluruh warga yang terdampak peristiwa tersebut sementara dapat menempati tenda darurat yang disiapkan di pelataran parkir Masjid Agung Sibolga.

"Kita telah siapkan tenda darurat sementara di sini (pelataran Masjid Agung Sibolga), dan secepatnya kita akan mendistribusikan bantuan tanggap darurat kepada warga terdampak khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan dasar seperti makanan, minuman dan pakaian," katanya.

Juneidi pun berterimakasih atas kesigapan aparat baik TNI maupun Polri yang bergerak cepat memberikan bantuan pada peristiwa tersebut baik pada aspek pengamanan, pengaturan lalu lintas maupun turut serta membantu memadamkan api.

"Pemko Sibolga menyampaikan terimakasih atas partisipasi semua pihak baik TNI, Polri maupun masyarakat, yang langsung tanggap dan memberikan bantuannya untuk memadamkan api," pungkasnya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)