Mantan Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk Beri Kuliah Umum di Kedubes RI Malaysia

SW25
0
Mantan Walikota Sibolga Drs H.M. Syarfi Hutauruk, MM selaku Ketua IKA UT Sumut saat memberikan kuliah umum di KBRI Kuala Lumpur Malaysia pada Minggu (29/09/2024)

KUALA LUMPUR - Mantan Walikota Sibolga, Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM berikan kuliah umum di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia, pada Minggu (29/09/2024).


Pria yang menjadi Walikota Sibolga pada periode 2010-2015 dan 2016-2021 ini, didaulat sebagai kynote speaker pada acara wisuda mahasiswa Universitas Terbuka (UT) UPBJJ Medan, Cabang Kuala Lumpur Malaysia di Aula KBRI.


Pada pemaparannya, Syarfi Hutauruk yang kerap disapa Buya ini menekankan bahwa menuntut ilmu merupakan modal utama dalam mencapai kebahagiaan dan kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.


Ia menjelaskan, pentingnya menuntut ilmu khususnya bagi umat Islam sudah ditancapkan pondasinya dengan kokoh dan kuat sejak 14 abad yang lalu oleh Nabi Muhammad SAW.


Ketua Ikatan Alumni UT Wilayah Sumut ini mengungkapkan ada banyak sekali ayat Al Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW yang memberi penekanan secara khusus terkait esensi pendidikan dalam dunia Islam.


Foto bersama wisudawan UT UPBJJ Medan - Kuala Lumpur Malaysia dengan Drs H.M. Syarfi Hutauruk MM, Civitas Akademika UT dan Atase KBRI Malaysia

Buya Syarfi pun mengutip sejumlah ayat dan hadits yang mengulas tentang keutamaan menuntut ilmu ini salah satunya sebagaimana yang diriwayatkan dalam shahih Muslim, yakni Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan dunia,maka tuntutlah ilmu dan barang siapa yang ingin kebahagiaan di akhirat, maka tuntutlah ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya, maka tuntutlah ilmu. Hal demikian adalah jalan menuju Syurga.


"Dan sanking pentingnya menuntut ilmu itu, penerapannya melampaui batas-batas negara dan tidak mengenal tempat dan waktu," katanya.


Buya Syarfi yang juga merupakan ketua umum PP Tarbiyah Islamiyah (Perti) ini pun mengaku salut dan kagum akan semangat juang warga negara Indonesia di Malaysia, yang tidak mengenal lelah melanjutkan pendidikannya di UT seraya berjuang sebagai pahlawan devisa bagi negara.


"Kita bangga dan salut kepada para tenaga kerja yang berada di luar negeri khususnya di Malaysia ini, yang tidak kenal menyerah bahkan sedang berjuang untuk bertahan hidup, masih mau meningkatkan kualitas dan kemampuan kalian dengan menimbah ilmu," ucapnya.


Perjuangan itu, lanjutnya. Menjadi bukti bahwa tenaga kerja Indonesia di luar negeri siap menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif dengan cara meningkatkan kualitas individu secara proporsional dan profesional.


Mantan Walikota Sibolga dan juga Ketua IKA UT Sumut Drs HM. Syarfi Hutauruk, civitas akademika UT dan Atase Pendidikan KBRI Malaysia diabadikan bersama tim sanggar seni Kedubes RI Malaysia

"Ini tentu bukan hal yang mudah. Tapi saudara-saudara semua (wisudawan-red), telah membuktikan bahwa itu bisa dilakukan," ujar Buya Syarfi yang disambut tepuk tangan meriah seluruh undangan.


Secara khusus, mantan anggota DPR RI tiga periode ini pun menekannya pentingnya membuka diri terhadap segala kebaharuan yang ada. Menurutnya, dinamika perkembangan teknologi yang ada saat ini menuntut setiap orang mampu beradaptasi dengan situasi yang ada.


"Saat ini perubahan terjadi tidak lagi per-dekade atau pun per-tahun, tetapi per-jam, per-menit. Setiap saat. Maka siapa yang tidak mampu mengikuti setiap perubahan yang ada, ia akan tergerus oleh zaman. Oleh karena itu, melek terhadap kebaharuan dan perubahan adalah sebuah keniscayaan dewasa ini," ungkapnya.


"Dan syukur alhamdulillah. Saudara-saudara yang diwisuda hari ini adalah  bagian dari orang-orang yang menyiapkan diri atas tuntutan dari kebaharuan dan perubahan itu sendiri," pungkasnya.


Turut hadir dalam wisuda mahasiswa UT UPBJJ Kuala Lumpur Malaysia ini diantaranya Atase Pendidikan Kedubes RI di Malaysia Prof Dr. Firdaus. Wakil Rektor II UT Prof. Dr. Ali Muktiyono. Direktur UT UPBJJ Medang, Drs Yasir MSI, Ketua IKA UT Sumut, Drs. HM. Syarfi Hutauruk, MM beserta 54 wisudawan dan keluarga.


Bertemu Kawan Sekampung


Foto bersama mantan Walikota Sibolga Drs HM. Syarfi Hutauruk dengan keluarga wisudawan asal Sibolga/Tapteng di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia

Momentum mantan Walikota Sibolga Drs.H.M. Syarfi Hutauruk berikan kuliah umum bagi wisudawan UT UPBJJ Medan, Cabang Kuala Lumpur Malaysia di KBRI, diwarnai kesan menarik.


Pasca memberikan kuliah umum di hadapan 54 wisudawan beserta keluarga dan civitas akademika UT, mantan Walikota Sibolga ini bertemu dengan warga yang dulu dipimpinnya saat menjadi walikota.


Seorang ibu Boru Tambunan, menghampiri Syarfi Hutauruk seraya memperkenalkan putrinya yang turut di wisuda hari itu. 


Perempuan paruh baya ini menjelaskan jika putrinya saat ini bekerja di salah satu industri ternama di Penang Malaysia.


Meskipun berasal dari keluarga dengan strata ekonomi menengah, Boru Tambunan dan keluarganya senantiasa memberikan support luar biasa terhadap pendidikan anak-anaknya.


"Bahagia sekali bisa  bertemu Pak Syarfi disini (Kuala Lumpur). Mudah-mudahan Bapak dan keluarga tetap sehat wal afiat," ucapnya seraya mengajak Syarfi Hutauruk untuk berfoto bersama.


"Jarang-jarang ini, Pak Wali. Kenang-kenangan pernah bertemu Pak Syarfi di luar negeri," pungkasnya sambil tertawa bahagia.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)