Pilkada Serentak Masuki Tahap Kampanye, Satgas OMP Toba Polres Sibolga Siap Lakukan Pengamanan dan Pengawalan Berlapis

SW25
0
Kapolres Sibolga AKBP Achmad Fauzy (tengah) bersama Kasi Humas Iptu Suyatno (kiri) dan Kasat Binmas Iptu M. Sinaga pada satu kesempatan acara

KOTA SIBOLGA - Perhelatan Pilkada Serentak di Sibolga telah memasuki tahap kampanye. Tahapan ini menjadi perhatian serius Polres Sibolga karena dilaksanakan dengan cara tatap muka atau kampanye dialogis.

Untuk suksesi penyelenggaraan Pilkada sendiri, Polres Sibolga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Praja (OMP) Toba Tahun 2024.

Satgas dimaksud dibentuk sebagai bagian dari komitmen Polres Sibolga dalam mewujudkan Pilkada Sibolga yang aman, damai dan sejuk.

"Termasuk dalam memastikan bahwa kampanye dialogis atau tatap muka ini berjalan dengan aman dan tertib," kata Iptu Suyatno, Kasatgas Operasi Mantap Praja Toba 2024, di Sibolga pada Rabu (02/10/2024).

Suyatno menerangkan, kampanye dialogis merupakan salah satu metode kampanye yang paling di favoritkan oleh masing-masing calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga. Hal ini karena setiap pasangan calon akan bertemu langsung dengan warga dan menarik perhatian orang banyak.

Kerumunan yang tercipta oleh sebab kampanye dialogis tersebut berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

"Maka dengan tujuan menciptakan suasana yang kondusif, Satgas OMP Toba 2024 Polres Sibolga, akan terus menurunkan personil diberbagai titik strategis sepanjang masa kampanye khususnya diarea keramaian tempat setiap pasangan calon melaksanakan interaksi dengan warga," jelas Suyatno.

Pengamanan tersebut, lanjut Suyatno, akan dilakukan berlapis untuk memastikan kegiatan kampanye berjalan aman dan tertib.

"Personil kami dari berbagai satuan, termasuk Samapta, Intelkam dan Satlantas  disebar disetiap pelaksanaan kampanye untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan," ujarnya.

Iptu Suyatno yang baru saja dikukuhkan sebagai Kasi Humas Polres Sibolga ini menguraikan bahwa pihaknya akan melakukan pengamanan meliputi pengawalan terhadap pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota, pemantauan arus lalu lintas hingga menggelar patroli di lokasi yang dianggap rawan selama masa kampanye.

"Dan pada kesempatan ini, kami menghimbau agar masyarakat tetap menjaga ketertiban dan tidak mudah terpancing provokasi yang dapat mengganggu jalannya kampanye," imbuhnya.

Suyatno juga mengingatkan intensitas kegiatan terkait Pilkada Serentak akan meningkat seiring dengan semakin dekatnya hari pemungutan suara pada 27 November 2024 yang akan datang.

"Oleh karena itu pengamanan maksimal akan terus dilakukan hingga seluruh tahapan pilkada selesai," terangnya.

Secara khusus, Iptu Suyatno menekankan pentingnya bersikap netral kepada seluruh personil Satgas OMP Toba Polres Sibolga dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkada.

Netralitas dalam Pilkada Serentak merupakan bagian dari sikap profesionalisme Polri dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Setiap personil Satgas OMP Toba 2024 telah dibekali arahan khusus untuk bersikap netral. Ini merupakan komitmen kami untuk menjaga proses demokrasi berjalan dengan baik," pungkasnya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)